Rabu, 30 Oktober 2013

Manajamen Distribusi : Intermoda Transportasi



Bahasa Vers.

Manajemen Distribusi
Internasional Logistik : Pilihan Modal

prolog

Perubahan sifat logistik dan rantai pasokan , terutama langkah oleh banyak perusahaan terhadap operasi global , telah memiliki dampak yang jelas tentang kepentingan relatif dari berbagai mode transportasi . Dalam konteks global , lebih banyak produk dipindahkan jarak jauh lebih besar karena perusahaan telah mengembangkan konsep
seperti pabrik fokus , dengan titik manufaktur global tunggal untuk produk-produk tertentu , dan karena konsentrasi fasilitas produksi di lokasi manufaktur murah .


Pada bagian ini proses untuk memilih mode yang sesuai transportasi diperkenalkan . itu
pendekatan luas dibagi menjadi empat tahap utama , yang meliputi faktor operasional , transportasi
karakteristik modus , faktor konsinyasi , dan biaya dan layanan kebutuhan .
Unsur-unsur kunci digambarkan dalam sisa bab ini , sementara
Proses keseluruhan dirangkum dalam Gambar 21.3 . Banyak pertimbangan ini
yang relatif jelas, tetapi masalahnya terletak dengan sejumlah besar berbeda
Pemilihan moda : proses seleksi
aspek yang perlu diperhitungkan . Inilah sebabnya mengapa proses seleksi metodis
diperlukan .

FAKTOR OPERASIONAL

faktor eksternal
Meliputi banyak faktor operasional yang mungkin perlu dipertimbangkan adalah
orang-orang yang eksternal untuk faktor distribusi yang terkait langsung. Ini sangat
relevan ketika merenungkan konteks internasional pemilihan moda karena
dari satu negara ke negara faktor ini dapat bervariasi secara signifikan . Mereka termasuk :

Infrastruktur dasar di negara ini .
hambatan perdagangan
Kontrol ekspor dan lisensi
Hukum dan perpajakan
Lembaga keuangan dan jasa , dan kondisi ekonomi .
Sistem komunikasi .
Budaya .
Iklim .


Komponen logistik lainnya :

Akhir rangkaian karakteristik penting yang perlu dipertimbangkan ketika
menentukan pemilihan moda menyangkut komponen logistik lainnya . Ini adalah
elemen yang bersangkutan dengan logistik klasik trade-off dijelaskan dalam Bab 2 .

Karakteristik utama
mungkin termasuk :

- Pasokan poin.

- Produksi tanaman .

- Gudang dan fasilitas penyimpanan .

- Depot .

- Rencana dan kebijakan Pemasaran


TRANSPORT KARAKTERISTIK MODE

The modal proses seleksi pilihan dijelaskan sejauh ini berkaitan dengan
berbagai faktor operasional yang mungkin perlu dipertimbangkan . selanjutnya
set utama pertimbangan melibatkan berbagai atribut mode yang berbeda
sendiri . Hal ini tidak dimaksudkan untuk menjelaskan di sini operasi rinci dari berbagai
mode , tetapi apa yang akan dipertimbangkan adalah atribut utama mereka khususnya di
kaitannya dengan faktor-faktor yang dijelaskan di bagian sebelumnya .


Angkutan laut konvensional

Dari berbagai alternatif utama angkutan laut, baik beban konvensional dan unit
beban yang relevan . Unit beban ( kontainer ) dianggap nanti. untuk konvensional
angkutan laut, poin utama yang perlu diperhatikan adalah :

- Biaya ekonomi .
- Ketersediaan .
- Perlu untuk penanganan - ganda .
- Keterlambatan masalah .
- Kerusakan


Angkutan jalan internasional

Seperti telah disebutkan , transportasi angkutan jalan adalah modus yang paling penting bagi
gerakan nasional dalam kebanyakan negara individu di Eropa . Dalam konteks
distribusi internasional , transportasi angkutan jalan juga penting , bahkan di mana
ada kendala geografis yang cukup signifikan seperti ke dan dari Inggris .
Di sini, misalnya , angkutan jalan yang layak melalui penggunaan roll-on roll- off ( RORO ) feri
layanan dan Terowongan rute Channel. Ini memungkinkan untuk pengangkutan melalui dari
barang dari pabrik atau gudang langsung ke tempat pelanggan di luar negeri.


angkutan kereta api

Ada banyak perkembangan baru dalam sistem angkutan kereta api , terutama
pengembangan sistem kemas intermodal menggunakan kontainer ISO sebagai
beban unit dasar dan pengenalan konsep swap tubuh dipindahtangankan
unit jalan rel . Hal ini dijelaskan dalam Bab 22 . Angkutan kereta api lebih konvensional
sistem memiliki manfaat utama menjadi bentuk yang relatif murah transportasi .


angkutan udara

Penggunaan angkutan udara sebagai moda transportasi alternatif telah berkembang pesat di akhir
tahun . Perkembangan utama dalam bidang unit muatan terpadu , penanganan ditingkatkan
sistem dan ruang kargo tambahan , bersama dengan proliferasi dijadwalkan
penerbangan kargo , telah meningkatkan daya saing dan pelayanan kemampuan udara
pengiriman .


dokumentasi

Jenis dokumentasi juga sangat penting . Persyaratan untuk Mei ini
bervariasi sesuai dengan asal dan tujuan pengiriman , dan modus
transportasi yang digunakan . Dokumen yang paling umum adalah :
• deklarasi ekspor pengirim ;
• bill of lading , atau laut atau udara waybill ;
• impor dan izin ekspor ;
• sertifikat asal dan dokumentasi konsuler ;
• CMR catatan (untuk pengangkutan barang melalui jalan darat ) ;
• CIM catatan (untuk pengangkutan barang dengan kereta api ) ;
• kemasan catatan ;
• sertifikat asuransi;
• catatan pengiriman pengiriman ( misalnya catatan pengiriman standar ) ;
• faktur penjualan ekspor ;
• persyaratan pabean untuk impor dan ekspor , misalnya tunggal administrasi
dokumen ( SAD ) .


freight forwarder

Karena komplikasi tertentu mengenai impor dan dokumentasi ekspor ,
serta untuk alasan lain , banyak perusahaan menggunakan jasa angkutan
forwarder . Layanan khas yang ditawarkan meliputi :

• persiapan dan pengecekan dokumen pengiriman ;
• Ruang pemesanan dengan operator ;
• mengatur koleksi pesanan dari titik asal ke pelabuhan pengiriman ;
• mengatur bea cukai dan pengiriman akhir di negara tujuan ;
• pemberian saran dalam peraturan ekspor , persyaratan dokumentasi , dll;
• pengetahuan yang terperinci dari operator , pelabuhan , dll;
• pengetahuan tentang berbagai modus transportasi internasional;
• pengetahuan tentang biaya yang berbeda terkait dengan modus yang berbeda dan tujuan .

Banyak freight forwarder bertindak sebagai prinsipal dengan kontrak transportasi , misalnya
dengan menyediakan jalan dan wadah layanan groupage atau konsolidasi angkutan udara . di
situasi ini, freight forwarder bertanggung jawab untuk transportasi , bukan
dari sekedar bertindak sebagai agen .


Ringkasan :

Dalam bab ini , wilayah yang sangat luas logistik internasional , dengan tertentu
penekanan pada pilihan moda transportasi , telah dijelaskan . Beberapa statistik yang
diperkenalkan untuk membantu mengilustrasikan berbeda modal perpecahan di sejumlah negara .
Penekanan telah diberikan kepada proses seleksi yang terlibat dalam pemilihan moda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar